Sarden Kalengan yang Paling Gurih dan Enak?


Sarden kalengan merupakan salah satu jenis makanan kalengan yang jadi andalan saat sahur. Karena sangat praktis. Buka kaleng, hangatkan sebentar dan ikan mungil dengan sausnya siap disantap. Kalau perlu dengan sedikit tambahan bawang merah dan bawang putih, jadilah sajian istimewa.


Selama bulan puasa berbagai merk sarden dari Indonesia banyak tersedia di supermarket. Ada beragam pilihan bumbu ikan dalam kemasan kalengan ini. Diantaranya yang populer adalah sauas tomat dan saus cabai. Kelebihan sarden kalengan, tulang ikannya empuk sehingga tak sulit saat menyantapnya.



Berat kotor (isi dan kemasan) juga bervariasi, ada yang 500 g dan ada juga yang 155 g. Harganya relatif murah, mulai dari Rp. 4.900,00 hingga Rp. 5.700,00. Semuanya menuliskan dengan jelas pada kemasan bahwa saus yang ada dalam kaleng adalah saus tomat. Detikfood mencoba mencicipi 4 merk Sarden kalengan dengan saus tomat yang ada di pasaran.Manakah yang paling lezat?


Sarden dengan merk ABC Sardines dalam Saus Tomat, berisi empat buah ikan utuh, ukurannya terbilang besar dan dagingnya berwarna kuning pucat. Dengan tekstur empuk dan cukup kokoh.. Perkaleng ukuran 155 gram dijual seharga Rp. 5.700.00.


Sarden ini, sausnya kental, berwarna merah kecoklatan. Aroma ikannya yang tercium jelas dalam kuah tomatnya. Selain itu paduan rasa saus tomat yang asam segar sangat pas dicampur dengan kaldu ikan yang gurih. Dimakan langsung pun terasa pas. Tanpa tambahan bumbu lagi.


Kalau yang satu ini adalah Cip Sarden Saus Tomat. Kemasannya yang sederhana l ini berisi tiga ikan utuh dan bentuk kokoh, tidak ada bagian yang rusak Tekturnya juga empuk dengan daging berwarna kuning pucat. Bedanya saus atau kuah sarden ini lebih kental dan berminyak dari yang lainnya. Jadi ada ekstra rasa gurih yang enak.


Uniknya sarden ini tidak hanya kaldu ikan dan tomat yang terasa, tetapi diiringinrasa manis dan gurih. Karena perpaduan rasa yang pas ini, sarden cocok jika dimakan langsung tanpa dimasak kembali. Sarden dengan kemasan ukuran 155 gram dijual seharga Rp. 5.330.00.


Lain lagi dengan Gaga Sardines in Tomato & Chili Sauce. Sarden dengan kemasan 155 gram ini harganya sekitar Rp. 5.290.00. Dibandingkan dengan dua merk sarden lainnya, jumlah ikan pada sarden ini memang lebih banyak namun ukurannya lebih kecil atau separuh dari besarnya ikan yang biasa.


Daging ikannya berwarna agak kecoklatan dengan sausnya yang encer dan warnanya sedikit gelap. Jika menyukai saus tomat yang asam segar bisa cicipi sarden ini, karena rasa tomatnya begitu mendominasi saus.


Sedangkan Maya Sarden Tomato Sauce, memiliki keunggulan yang berbeda. Kuahnya yang kental dan merah gelap. Rasa tomat pada saus begitu kuat, dan cocok disajikan bersama ikan yang empuk dengan warna sedikit gelap. Perkemasan ukuran 155 gram Maya Sarden Tomato Sauce, harganya lebih murah dari merk sarden lainnya yaitu sekitar Rp. 4.900.00.


Dari ke empat sarden ini, ABC Sardines dalam Saus Tomat dan Cip Sarden Saus Tomat memiliki banyak kesamaan. Mulai dari ukuran ikan yang sama-sama besar dan berwarna kuning pucat dipadukan dengan rasa saus tomat yang pas. Bedanya pada saus Cip Sarden Saus Tomat juga terasa manis dan lebih berminyak. Kedua sarden ini cocok untuk Anda yang menyukai paduan rasa tomat plus kaldu ikan.


Sama halnya dengan Gaga Sardines in Tomato & Chili Sauce dan Maya Sarden Tomato Sauce. Ikan sarden yang digunakan memiliki warna yang sama, kecokelatan dan terasa lembut. Meskipun sausnya memiliki kekentalan yang berbeda, namun rasa tomatnya sangat dominan.


Ke empat sarden ini cocok untuk disajikan dengan nasi hangat. Kalau ingin rasa pedas bisa juga ditambah potongan cabai dan sedikit bawang putih. Kalau tak mau repot membuat menu sahur dan berbuka bisa coba sajikan sarden yang gurih lezat ini.


detik.com

Postingan populer dari blog ini

Penyakit Cacing Kulit atau CUTANEOUS LARVA MIGRAN “CREEPING ERUPTION”

Penyakit Kista dan Ciri-ciri Orang terkena Penyakit Kista