Sabtu, 18 Agustus 2012

Cara Makan Sushi di Jepang




.Do’s:
- Saat mengambil sushi, Anda bisa menggunakan sumpit atau jari Anda.
- Celupkan ikan dengan tidak mengenai nasinya ke dalam soy sauce dan gunakan sedikit soy sauce .


- Masukkan semua sushi ke dalam mulut Anda (jangan menggigitnya setengah-setengah) dengan menyentuhkan ikan ke lidah Anda.- Gunakan ujung sumpit yang tumpul saat mengambil makanan dari piring bersama.
- Selesai makan, putar hashioki (tempat menaruh sumpit) dengan sumpit. Lalu, tempatkan sumpit perlahan di samping botol soy sauce , berhadapan paralel dengan bar sushi.

Don’ts: 
- Menggesekan sumpit bersamaan untuk melepaskan serpihannya. Ini bisa dianggap kasar. Lagipula restoran sushi yang berkualitas tidak akan memberikan sumpit murahan.
- Menggigit sushi setengah-setengah dan meletakkan sisanya di piring.
- Memakan acar jahe (gari ) terlebih dahulu sebelum memakan habis sushi-nya. Nikmatilah acar jahe bersamaan (di antara) potongan sushi sebagai pembersih langit-langit mulut Anda.
- Mencelupkan semua bagian nasi pada sushi ke dalam soy sauce karena akan membuat nasi sushi rontok.
- Memasukan wasabi ke dalam soy sauce dan menghidangkannya seperti sup. Wasabi harusnya dinikmati bersamaan dan dimasukan langsung ke dalam sushi.
- Menyerahkan uang kepada koki sushi. Koki restoran sushi tidak pernah menyentuh uang saat sedang bekerja.

Pendamping Sushi
Wasabi : Krim berwarna hijau dari lobak yang berfungsi sebagai penyedap makanan Jepang seperti sashimi, sushi, dan soba. Aromanya harum dan menyengat.
Soy Sauce : Nama lainnya shoyu alias kecap Jepang yang bercitarasa asin, namun ada ada juga yang lebih manis.
Gari : Manisan jahe berwarna merah muda yang menetralkan indera perasa ketika mencoba aneka sushi.
Nori: Lembaran rumput laut (berwarna hitam) yang berguna untuk memegang sushi agar tidak lengket di tangan.


Tambahan :

1. Jika anda disuguhi sushi oleh tuan rumah yang orang jepang asli, hukumnya WAJIB dimakan walaupun hanya sepotong, dan jangan pernah menunjukkan muka jijik (karena ikan mentah) atau tidak suka. Biasanya ada pilihan sushi yang isinya ketimun, daging kepiting batangan, udang rebus ataupun telur ikan. Jika anda menolak, mereka akan melotot, dan (ada kemungkinan) tidak akan mengundang anda lagi kelak.

2. Jangan pernah mengambil sushi dengan satu sumpit / ditancap ke nasi. Itu bisa diartikan anda memuja jin jahat (oleh adat mereka).
3. Jangan makan sushi pakai peralatan makan biasa, sendok garpu dan pisau. Jika tak bisa pakai sumpit, sudah, dicomot saja. Anda akan jauh dihargai jika mencomot ketimbang jika pakai sendok garpu.
4. Jangan menenggak kecap asin dari cawannya.
5. Jika anda ditawari sake / mirin tapi anda tak bisa mengkonsumsinya, tolaklah dengan halus (untuk hal ini mereka masih sangat toleran). Dan jangan malu minta penggantinya, teh hijau / ocha.

forum kompas

"Mama, Jangan Benci Aku"

Kisah ini benar adanya dan saya menulisnya dengan hati yang dalam supaya kejadian ini menjadi pelajaran untuk kita semua supaya jangan ter...