Kamis, 21 Juni 2012

Oil Rig Terbakar

Rig: Perforadora Central Usumacinta Jack-Up
Tanggal: 23 October 2007
Lokasi: Kab Field, Bay of Campeche, Gulf of Mexico
Operator: Petróleos Mexicanos (PEMEX)




Usumacinta adalah  mat-supported jack-up  berdasarkan desain JU-200-MC Betlehem.  dikirimkan pada tahun 1982 oleh Betlehem Steel di Singapura dan saat ini dimiliki oleh Perforadora Tengah Meksiko. Pada bulan Oktober 2007, Usumacinta dikontrak untuk mengebor di-101 Kab Platform PEMEX di Teluk Campeche. 



Platform Kab-101 adalah jenis platform Pony Laut produksi ringan, diinstal oleh PEMEX tahun 1994, yang memiliki dua sumur produksi dengan output harian sekitar 5700 BBLS minyak dan 700.000 kaki kubik gas alam. 


 Usumacinta dikontrak untuk menyelesaikan pekerjaan pengeboran pada sumur ketiga, bernama Kab-103, ketika bertabrakan dengan platform-101 Kab dan mengalami kerusakan 




Hantaman Badai


Pada Minggu, Oktober 21, 2007, Usumacinta dibawa ke dalam posisi berdampingan platform Kab-101 untuk menyelesaikan pengeboran Kab-103. 
Selasa, 23 Oktober, cuaca dingin melewati depan Teluk Meksiko membawa angin badai 130km/jam dengan gelombang 6-8 m. Kondisi cuaca buruk menyebabkan gerakan Usumacinta  sana ke mari dari sekitar jam 12:00 tgl 23 Oktober. 


Gerakan-gerakan ini menyebabkan dek kantilever dari Usumacinta untuk menyerang bagian atas katup produksi pada platform-101 Kab, terjadi kebocoran minyak dan gas. 


Pada Jam  14:20 , katup keselamatan bawah permukaan sumur 101 dan 121 ditutup oleh personil PEMEX, namun katup tidak dapat menutup sepenuhnya memungkinkan terus bocornya minyak dan gas. 


Pada sekitar Jam 15:35  , 81 personil di Usumacinta dievakuasi dengan sekoci,  kapal Morrison Tide memberikan bantuan. Ombak dan angin kencang menghambat operasi penyelamatan dan tampaknya telah menyebabkan pecahnya setidaknya satu sekoci.

Personil kontrol diutus ke Kab-101, dengan operasi tertunda oleh cuaca buruk lebih lanjut dan rilis H2S. Operasi pengendalian dimulai dengan upaya untuk menyuntikkan lumpur berat diikuti dengan semen. 
Operasi itu kembali ditunda pada 13 November ketika percikan diprakarsai oleh pekerjaan yang sedang berlangsung menyebabkan api untuk keluar. Api itu padam pada hari berikutnya pada 14 November di Jam 23:50 . 
Sebuah kebakaran kedua terjadi pada tanggal 20 November, menyebabkan runtuhnya derek Usumacinta dan kerusakan besar pada kantilever dan menghubungkan jembatan. Api itu padam hari yang sama tanpa cedera



Beberapa fase kerja maka dimulai, termasuk pembersihan puing-puing dari Usumacinta, lampiran katup untuk dikendalikan pembakaran, instalasi pencegah pukulan-out dan akhirnya mematikan di sumur diikuti dengan memasukan dengan lumpur berat dan memasukkan dengan semen. Pada tanggal  17 Desember 2007, PEMEX melaporkan telah kontrol penuh terhadap sumur tersebut.


Pemex melaporkan total 86 personel yang terlibat dalam insiden evakuasi, termasuk 5 pelaut dikirim untuk membantu upaya penyelamatan. tanggal 24 Oktober 2007, 58 personil telah diselamatkan, meskipun sekoci dilaporkan ditemukan tetapi tidak dapat diperbaiki karena kondisi cuaca.  21 orang tewas yang dilaporkan selama evakuasi Usumacinta, dengan satu pekerja yang hilang, diperkirakan tewas.


Tumpahan awal dilaporkan oleh PEMEX di sekitar 422 barel per hari minyak mentah sebagian besar minyak light, yang 40% diperkirakan telah menguap. Dispersan kimia digunakan bersama operasi pemulihan laut, dengan total 8701 barel pulih dari laut. 


Sampai awal Desember 2007, PEMEX memperkirakan sekitar 5000 BBLS minyak telah hilang dari sumur yang rusak. Ada beberapa kritik atas penggunaan dispersan hanya menyebabkan minyak untuk tenggelam ke dasar laut.


Investigasi


PEMEX mengumumkan bahwa tiga penyelidikan yang berbeda akan dilakukan, dengan dua benar-benar independen dari PEMEX. Wilayah yang akan diselidiki termasuk penyebab awal tabrakan dan mengapa ada semacam kerugian besar .


Sedangkan hasil dari penyelidikan ini belum dipublikasikan, ada spekulasi bahwa rig mengalami beberapa kegagalan struktural atau pembajakan. Sebuah pukulan-melalui diperkirakan tidak mungkin karena jenis jack-up yang terlibat, dengan luas permukaan besar dari pijakan tikar-jenis melakukan tekanan minimal pada dasar laut. 


Semua yang telah dikonfirmasi sejauh ini oleh PEMEX adalah bahwa Usumacinta jack-up terombang-ambing dalam badai-kencang, menyebabkan dek kantilever untuk mengenai katup sumur Kab-101 itu.


(Mohon Maaf jika terjemaahannya tidak sempurna: anjas Cerita Sekitar kita)


Usumacinta fire. Source: www.pemex.com
Kebakaran pertama di KAB-121
Usumacinta derrick collapse. Source: www.pemex.com
Setelah derek Usamacinta kolap
Usumacinta fire. Source: www.pemex.com
Ruang Kontrol terbakar








"Mama, Jangan Benci Aku"

Kisah ini benar adanya dan saya menulisnya dengan hati yang dalam supaya kejadian ini menjadi pelajaran untuk kita semua supaya jangan ter...