Senin, 30 Januari 2012

Apakah Mandi Dapat Menggantikan Wudhu?


Apakah Mandi Dapat Menggantikan Wudhu?


 Tanya:
Assalamualaikum wr wb. Mohon konfirmasi pertanyaan berikut ini :
1. Ada yang mengatakan sesudah mandi junub dapat langsung salat tanpa berwudhu
lagi, padahal pada saat mandi tangan kita menyentuh kemaluan kita.
2. Apakah mandi yang biasa kita lakukan tiap hari dapat menggantikan wudhu karena mandi membersihkan seluruh anggota tubuh sedangkan wudhu hanya beberapa anggota badan?
Terima kasih, wassalamualaikum wr wb.

(Teguh Bintoro)

Jawab:

Memang kuat pendapat yang mengatakan bahwa sesudah mandi wajib kita tidak perlu lagi berwudhu, sebab dalam mandi wajib kita sudah berniat untuk membersihkan diri dari hadas besar, dan wudhu adalah membersihkan diri dari hadas kecil. Tetapi ada catatan, bahwa selama mandi wajib itu kita tidak menyentuh bagian-bagian tubuh yang terlarang. Kalau kita menyentuhnya, maka kita wajib bersuci lagi dari hadas kecil atau berwudhu.

Mandi yang kita lakukan sehari-hari tidak dapat menggantikan wudhu, walaupun mandi membersihkan seluruh anggota tubuh dan wudhu hanya membersihkan beberapa anggota tubuh. Itu disebabkan karena kedua pekerjaan itu berbeda. Mandi adalah sebuah kebiasaan yang tidak diperlukan niat untuk bersuci, sedangkan wudhu adalah ibadah yang wajib diniatkan untuk bersuci. Ulama sepakat bahwa wudhu harus didahului dengan niat, terlepas apakah niat itu diucapkan atau cukup di dalam hati. Demikian, wallahu a'lam.

(Huzaemah Tahido, Dewan Pakar Pusat Studi al-Qur'an)

"Mama, Jangan Benci Aku"

Kisah ini benar adanya dan saya menulisnya dengan hati yang dalam supaya kejadian ini menjadi pelajaran untuk kita semua supaya jangan ter...