Jumat, 01 Juni 2012

Tes DNA dan Biaya


Mulai dari identifikasi korban tsunami, korban pembunuhan berantai sampai korban jatuhnya pesawat Sukhoi akhir-akhir ini, tes DNA semakin terasa akrab di masyarakat. Mungkin saat ini hampir semua orang pernah mendengarnya, meskipun hanya dari televisi. Kebanyakan orang mungkin hanya mengetahui bahwa tes DNA digunakan untuk mengidentifikasi tubuh korban. Padahal, tes DNA juga digunakan untuk keperluan lain, misalnya untuk menentukan ayah biologis (paternitas), silsilah dan hubungan darah.

Apakah DNA?

DNA adalah singkatan dari deoxyribonucleic acid(asam deoksiribo nukleat). DNA terdapat di mana-mana dalam tubuh Anda. Tubuh manusia terdiri dari 50 triliun sel yang memiliki inti, di mana DNA tersimpan. DNA merupakan molekul dengan struktur mirip tangga terpilin. Setiap tangga terdiri dari unit-unit pasangan bahan kimia yang saling berikatan,disebut basis:Adenine, Guanine, Cytosine dan Thymine (A,G,C,T). 
A selalu berpasangan dengan T dan C selalu dengan G. Rangkaian A,G,C,T selalu berulang dalam pola yang unik, sehingga menentukan sifat-sifat dan karakteristik unik Anda. Ada sekitar 3 milyar basis kimia dalam tubuh manusia, dan hampir semuanya terangkai sama pada setiap orang. Bahkan, urutan dari keempat basis itulah, yang disebut sekuens DNA, yang bertanggungjawab membentuk dan memelihara tubuh seseorang.


DNA dapat mereplikasi yaitu membentuk kopi dirinya sendiri. Setiap untaian DNA berisi sekuens basis tertentu. Setiap basis juga dihubungkan oleh molekul gula dan fosfat. Bila basis membentuk anak tangga (horizontal), maka molekul gula dan fosfat membentuk bagian vertikal dari tangga tersebut.
Molekul-molekul DNA di tubuh Anda tersusun dalam paket-paket yang disebut kromosom. Setiap manusia memiliki 23 pasang kromosom. Satu dari 23 pasang kromosom itu, yang disebut kromosom seks, berbeda pada pria dan wanita. Wanita memiliki dua kromosom X, laki-laki memiliki kromosom X dan Y. Setiap organisme memiliki jumlah kromosom yang berbeda. Misalnya, simpanze memiliki 24 pasang, pisang 11 pasang, dan lalat hanya 4 pasang.
Selanjutnya, kromosom tersusun dalam segmen-segmen pendek DNA yang disebut gen. Bila DNA adalah buku resep, maka setiap gen adalah resepnya. Resep ini memberitahu sel-sel bagaimana menjalankan fungsi dan mengekspresikan sifat tertentu. Manusia memiliki sekitar 25.000 gen. Gen inilah yang menentukan warna rambut, jenis rambut, warna kulit, warna mata, dll. Misalnya, seseorang memiliki rambut hitam keriting karena gen-gen yang diwarisi dari orangtuanya menginstruksikan sel-sel folikel rambut untuk membentuk rambut hitam dan keriting.

Apakah tes DNA?

Tes DNA adalah analisis terhadap pola DNA (profil genetik) seseorang. Untuk keperluan tes DNA, sampel sel diambil dari jaringan tubuh (biasanya kulit). DNA kemudian dimurnikan dari sel-sel tersebut dan pola variasinya dibaca dengan mesin sekuensing DNA seperti pembacaan barcode. Hasil pembacaan barcodeDNA ini kemudian dianalisis.
DNA dari tubuh seseorang akan 100% sama, dari mana pun Anda mengambil sampelnya. Setiap orang memiliki pola DNA yang unik, seperti halnya sidik jari. Karena setengah dari pola DNA diwariskan dari ibu dan setengah diwariskan dari ayah, setengah dari garis-garis dalam barcode DNA anak akan berderet seperti pada DNA ayah, setengah lainnya seperti pada DNA ibu. Bila tidak ada hubungan orangtua-anak, tidak akan terdapat 50% kesamaan tersebut. DNA di antara saudara sekandung juga memiliki beberapa kesamaan, namun tidak seperti pada orangtua-anak.
Dalam tes DNA post-mortem seperti pada korban kecelakaan pesawat terbang, hasil tes digunakan untuk mengidentifikasi pemilik tubuh korban dan menyatukan bagian-bagian tubuhnya yang terpisah.
Sumber : majalah kesehatan
Biaya Tes DNA
Akah orang umum seperti saya bisa melakukan Tes DNA? Jawabannya adalah Bisa! Lalu berapakah biayanya? Oke, lanjutkan membaca..
Sebagian besar orang berpendapat bahwa Tes DNA hanya bisa atau boleh dilakukan oleh instansi tertentu guna melakukan pengkajian yang dilakukan oleh team forensik, biasanya dalam kasus tertentu seperti pemerkosaan, pembunuhan, dan lain - lain.
Pada kenyataannya tidak seperti itu, siapapun berhak melakukan tes dna, asal memiliki syarat yang diperlukan, apakah syarat itu? yang jelas anda harus memiliki dana atau biaya untuk melakukan tes ini. Berikut adalah hasil wawancara saya saat bertemu dengan salah satu pegawai yang menangani Tes DNA di RSUP Dr Kariadi:
Saya: "Maaf bu, apakah benar tempat ini adalah laboratorium biotik / genetika?"
Pegawai: "Iya benar, ada yang bisa saya bantu?"
Saya: "Saya mau tanya, apakah saya bisa melakukan tes dna untuk saya dan anak saya guna mengetahui kecocokan gen kami ( Maaf saya berpura - pura, karena sebenarnya saya belum punya anak)."
Pegawai: "Oh bisa, satu paket Tes DNA biayanya sekitar 10 jutaan, nanti kami akan mengambil sampel darah (Ayah, ibu dan anak)".
Saya: "Kalau cuma ambil sampel darah saya dan anak saya aja, berarti bisa ditekan lagi dong biayanya.
Pegawai: "Tidak bisa, dalam paket Tes DNA ini kami tetap harus melakukan pengecekan sampel darah antara Ayah, ibu dan anak".
Saya: "Jadi bagaimana atau apa saja yang harus saya lakukan untuk memulai Tes DNA ini?"
Pegawai: "Pertama, anda harus bikin janji, dan pada hari yang telah disepakati anda harus menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan, seperti dokumen data diri anda dan pasangan, biaya dan seorang saksi.
Saya: "Harus ada saksi juga toh? trus berapa lama saya bisa mendapatkan hasilnya?".
Pegawai: "Iya, harus ada saksi, saksi boleh siapapun terserah anda? baik saudara atau sahabat, mengenai hasilnya akan didapatkan dalam jangka waktu kurang lebih 1 bulan.
Nah itulah hasil wawancara saya dengan salah seorang pegawai disana, Bagi warga Semarang dan kota - kota disekitarnya, jika anda ingin melakukan Tes DNA maka anda bisa datang langsung ke:
RSUP Dr. Kariadi: Laboratorium Biotik / Genetika yang berada di Gedung Serba Guna lt.2, Jl. Dr. Sutomo 16 atau sebelah Masjid Asyifa. (Tempat tersebut masih dalam satu lingkup RSUP Dr. Kariadi).
sumber : kampungperawan..blogspot.com


"Mama, Jangan Benci Aku"

Kisah ini benar adanya dan saya menulisnya dengan hati yang dalam supaya kejadian ini menjadi pelajaran untuk kita semua supaya jangan ter...