Jumat, 15 Juni 2012

Anjungan Minyak yang dirusak Badai Rita ( Bagian 1 )

Tiba akhir September 2005 di Teluk Meksiko, Badai Rita  melalui salah satu Anjungan minyak paling sibuk dan wilayah gas sebagai badai Kategori 5,  angin dengan kecepatan 155 Meter per Jam /MPH . Badai Rita menyebabkan kerusakan yang signifikan di lepas pantai:



- 66 platform hancur, dengan 32 lebih menderita kerusakan parah.
- 13 MODUS pecah tambatan dan ditetapkan terpaut.
- 1 jackup rig tenggelam, dengan 7 jack-up dan 2 semi-selam mengalami kerusakan parah.
(Statistik dari Layanan Manajemen Mineral)
GSF Adriatic VII before Rita. Source: http://www.rigzone.com/
1. Before: GSF Adriatic VII

Rig:

GSF Adriatic VII Jack-up

Tanggal:

28 Sep 2005

Lokasi:

Gulf of Mexico

Ringkasan :


evakuasi sebelum Badai Rita menghantam, Adriatik VII rusak dari kakinya dan mengatur terpaut. Ditemukan terdampar sekitar 118 NM dari  lokasinya, di perairan dangkal di lepas pantai Louisiana. Ini mengalami kerusakan parah, termasuk hilangnya derek nya, paket rig lantai dan helideck.
Setelah badai tersebut, derek dan puing-puing rig lain tidak diselamatkan dan ditandai oleh USCG sebagai obstruksi bawah air. Lambung rig ditarik kembali ke Port Arthur galangan kapal di Texas untuk diperiksa. Pada September 2006, GSF telah memutuskan untuk membuang rig yang rusak dan Adriatik VII dijual kepada pihak ketiga untuk sekitar $ 30 juta. Kaki rig itu kemudian diselamatkan oleh Smit pada Juni 2007

Chevron Typhoon before Rita. Source: http://www.rigzone.com/
3. Before: Chevron Typhoon
Chevron Typhoon after Rita. Source: http://www.rigzone.com/
4. After: Chevron Typhoon

Rig:

Chevron Typhoon Platform

Date:

27 Sep 2005

Location:

Gulf of Mexico

Summary


Setelah badai, sebuah survei udara menemukan Chevron Topan tekanan kaki platform yang mengambang terbalik, sekitar 80 mil dari asalnya di Green Canyon Blok 236
Pada bulan Mei 2006, Chevron menyatakan bahwa akan menyumbangkan platform yang rusak ke Departemen Dalam Negeri AS program yang menggunakan minyak tua dan platform gas di lepas pantai pembangunan terumbu buatan.
GSF High Island III before Rita. Source: http://www.rigzone.com/
5. Before: GSF High Island III
GSF High Island III after Rita. Source: http://www.rigzone.com/
6. After: GSF HighIsland III

Rig:

GSF High Island III Jack-up

Date:

28 Sep 2005

Location:

Gulf of Mexico

Summary :

Seperti VII Adriatik,  GSF High Island III  dievakuasi sebelum Badai Rita dan j patah kakinya sebelum diapungkan. Ini mengalami kerusakan besar, termasuk hilangnya derek yang ditemukan kandas di parit yang diciptakan sendiri di perairan dangkal di lepas pantai Louisiana.
GSF High Island III bernasib sama dengan Adriatik VII. Derek yang tidak dapat diselamatkan dan sekarang menjadi halangan di bawah air. Kaki rig diselamatkan pada bulan Oktober 2006 oleh Smit. Lambung rig ini ditarik kembali ke Port Arthur galangan kapal, Texas dan duduk bersama Adriatik VII. Pada September 2006, GSF telah memutuskan untuk membuang III Pulau Tinggi dan sedang mengevaluasi apakah akan menjual sisa-sisa atau menyatakan rig kerugian total konstruktif untuk tujuan asuransi.
El 294 A before Rita. Source: www.gomr.mms.gov/
7. El 294 A before Rita
El 294 A after Rita. Source: www.gomr.mms.gov/
8. El 294 A after Rita

Rig:

Platform El 294 A

Date:

28 Sep 2005

Location:

Gulf of Mexico

Summary

Platform El 294 A was typical of many other small platforms in the Gulf of Mexico and was toppled by Rita's powerful winds. 65 other platforms in Rita's path shared the same fate as this platform.
Platform 294 El A adalah tipe platform kecil yang banyak tersebar  di Teluk Meksiko dan dhancurkan oleh angin kencang Rita. 65 buah platform lain  berbagi nasib yang sama seperti platform ini.

"Mama, Jangan Benci Aku"

Kisah ini benar adanya dan saya menulisnya dengan hati yang dalam supaya kejadian ini menjadi pelajaran untuk kita semua supaya jangan ter...